NPWP terbitan tahun 2005 yang di non-aktifkan

Per hari ini tgl 18-Jun-2012, Rencananya saya akan menukarkan kartu NPWP lama saya yg masih bentuk kertas terbitan tahun 2005 dengan NPWP baru yg berbentuk spt credit card, ternyata di KPP setempat (Kebayoran Baru Tiga), nomor NPWP saya tidak ditemukan atau non aktif statusnya.

Lah bagaimana pula ini, ternyata selama ini dr tahun 2005, pajak penghasilan yang telah dibayarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja itu larinya kemana?

Setelah ditelusuri oleh KPP setempat dan konfirmasi ke DJP Kantor Pusat (cukup lama saling lempar antara pusat dan KPP), memang ternyata nomor NPWP saya tidak ditemukan datanya di dalam database pajak. Dan saya diharuskan/diminta untuk membuat kartu baru lagi dengan mengisi formulir pendaftaran baru NPWP Pribadi.

Cukup aneh saya bilang. Selama ini NPWP saya seharusnya tetap aktif karena tiap bulan dr thn terbitnya NPWP, perusahaan tempat saya bekerja selalu membayarkan pajak pph karyawannya dgn menggunakan nomor NPWP per masing-masing karyawan.

Daripada terlalu lama mengurusi begitu, akhirnya saya putuskan untuk melakukan registrasi NPWP baru dan akhirnya tdk sampai 15 menit, kartu NPWP nya sudah jadi.

Setelah saya mendapatkan kartu NPWP baru, saya lalu mencoba mencari informasi mengenai NPWP lama terbitan tahun 2005 yang ternyata itu masuk ke dalam program NPWP 10 juta atau disebut sebagai NPWP Jabatan. NPWP Jabatan statusnya sudah dinon-aktifkan semuanya oleh DJP untuk bagi nomor NPWP yang berawalan 17, 18, 19, 27, 28, 29 dan 38.

Jadi bagi yang memiliki nomor NPWP terbitan tahun 2005 yang berawalan 17, 18, 19, 27, 28, 29 dan 38, sebaiknya daftar baru lagi dengan nomor NPWP baru yg terdaftar di KPP setempat dimana domisili Anda berada.

Supaya jelas juga penggunaan pajak nya dan kita juga tahu jelas bahwa pembayaran pajak penghasilan pph21 masuk dan dicatat registrasi pembayarannya dengan nomor NPWP baru yg aktif tersebut.

– wdanyant –

Please comment:

