Pencairan Dana JHT Jamsostek yang tidak terlalu sulit

Sekarang ini untuk melakukan pencairan JHT (Jaminan Hari Tua) Jamsostek tidaklah terlalu sulit dan saya bilang cukup mudah.

Peraturan pencairan dana adalah kita telah keluar dari perusahaan tempat kita terdaftar JAMSOSTEK dengan masa kepesertaan minimum 5 tahun plus masa tunggu 1 bulan (masa tunggu 6 bulan sudah diganti menjadi hanya 1 bulan). Lihat disini: http://www.jamsostek.co.id/content/news.php?id=282
Dan proses yang dimudahkan lainnya adalah sekarang ini sudah tidak perlu datang lagi ke Jamsostek Kebon Sirih untuk pencairan dana JHT Jamsostek-nya, tetapi bisa datang ke setiap kantor cabang Jamsostek yang terdekat dari rumah Anda.

Peraturan tersebut masih berlaku sampai dengan sekarang ini. Namun, mohon diperhatikan, bagi anda yang resign/berhenti bekerja kurang dari 4,5 tahun dari tgl terdaftar yg tertera di kartu Jamsostek, anda cukup menunggu hingga genap 5 tahun masa kepesertaan. Tidak perlu ditambah masa tunggu 1 bulan. Tetapi jika Anda yang sudah bekerja selama 5 tahun lebih, jika Anda sudah resign/berhenti dari perusahaan ini, Anda tetap harus menunggu dulu selama 1 bulan dari tanggal Anda terakhir bekerja di perusahaan tersebut baru dapat mencairkan dana JHT Jamsostek.

Persyaratan Pencairan Dana JHT Jamsostek adalah sebagai berikut:
1. Kartu Asli Jamsostek + Fotocopy Kartu Jamsostek (sebaiknya copy sebanyak 2 kali).
2. KTP Asli (untuk diperlihatkan) dan Fotocopy KTP.
3. Fotocopy Kartu Keluarga (Kartu Keluarga Asli harap dibawa untuk diperlihatkan).
4. Fotocopy Surat Keterangan Kerja/Referensi dari perusahaan lama tempat Anda bekerja dan terdaftar Jamsostek (Surat Referensi Asli juga harap dibawa untuk diperlihatkan).
5. Fotocopy Buku Tabungan Bank (jika pencairan dana JHT ingin ditransfer ke Bank Anda).
6. Formulir Pencairan JHT yang telah diisi (bisa didapatkan dari petugas/satpam Jamsostek).

Pilihan untuk pencairan dana JHT Jamsostek:
1. Transfer Bank (butuh 10 hari kerja setelah tanggal pencairan JHT)
2. Ambil secara Tunai/Cash (butuh 7 hari kerja setelah tanggal pencairan JHT)

Pengalaman saya:

Saya masih mempunyai 2 kartu Jamsostek lama dari perusahaan-perusahaan tempat saya bekerja sebelumnya, saya ingin mencairkan dana JHT dari 2 kartu tersebut karena masa kepesertaannya telah lebih dari 5 tahun dan status saya sudah tidak bekerja lagi di perusahaan-perusahaan tersebut. Karena itu saya langsung datang ke kantor cabang Jamsostek terdekat dari rumah saya di Wijaya Grand Center dengan membawa seluruh persyaratan pencairan JHT.

Prosesnya cukup cepat, tinggal masuk ke dalam kantor cabang Jamsostek, lalu tinggal bilang ingin mencairkan dana JHT, nanti satpamnya akan memberitahukan bahwa Anda harus ambil tiket Antrian (menekan tombol dengan tulisan JHT) dan lalu petugas Jamsosteknya akan memberikan kepada Anda form pencairan dana Jamsostek yang harus diisi dan dilengkapi.

Setelah itu, nanti Anda akan dipanggil lalu diberitahukan prosesnya dan petugasnya akan mengecek semua kelengkapan persyaratan dan mengecek Surat Referensi Kerja Anda secara detail. Anda akan ditanyakan mengenai Nama Perusahaan dan Alamatnya, tempat dulu Anda bekerja di perusahaan yang terdaftar pada Kartu Jamsostek Anda.

Satu hal yang perlu diperhatikan disini, Anda sebaiknya tetap harus memiliki contact person dan alamat perusahaan atau minimal nomor telepon perusahaan dulu tempat Anda bekerja, apabila perusahaannya sudah pindah gedung atau bahkan telah bangkrut, minimal Anda harus mengetahuinya setelah 5 tahun sebelum melakukan pencairan dana JHT Jamsostek. Disini saya sharing, bahwa semua tempat perusahaan saya bekerja, yang Kop Surat nya ada di dalam Surat Referensi Kerja saya, semuanya sudah pindah tempat/gedung dan bahkan ada juga perusahaan lama saya yang sudah diakuisisi oleh perusahaan lainnya. Jadi dalam singkat kata, semua surat referensi kerja saya sudah invalid. Disini memang jadinya saya agak bingung, tetapi karena petugas Jamsosteknya memang baik, dia tidak terlalu mempermasalahkan hal itu, yang terpenting, kita tahu sejarah perusahaan dan tempat gedung barunya.

Sebagai contoh:

  • Kartu 1 Jamsostek saya berisi dari 2 perusahaan tempat saya bekerja dulu yaitu WOM Finance (Gunung Sahari Raya) dan PT Sejatibina Delta Informatika (SDI Technologies) yang berlokasi di Mid Plaza Sudirman. Lokasi gedung WOM Finance sekarang sudah pindah ke daerah Kemayoran di gedung MGK. Lalu PT SDI Technologies sudah tidak ada lagi, sudah digantikan namanya menjadi PT Soltius Indonesia, dan sekarang ini Soltius telah diakuisi oleh Metrodata Group dan gedungnya juga sudah bukan di Mid Plaza lagi.
  • Kartu ke-2 Jamsostek saya berisi dari 1 perusahaan tempat saya bekerja yaitu PT Mitra Integrasi Informatika (MII), Metrodata Group yang dahulu berlokasi di Gedung Wisma Metropolitan I, Sudirman. Dan sekarang Metrodata Group dan PT MII sudah pindah ke gedung baru yang berlokasi di Central Park, Jakarta Barat.

Hal ini memang agak repot jadinya untuk saya, karena saya harus mencari tahu lokasi baru dan alamat/contact dari perusahaan lama tempat saya bekerja dahulu, karena dalam proses pencairan JHT Jamsostek, petugas Jamsosteknya akan melakukan verifikasi dan pengecekan terhadap perusahaan lama tempat Anda bekerja secara langsung (mereka akan menelpon ke perusahaan lama Anda).

Setelah petugas Jamsostek melakukan pengecekan, mereka akan melakukan input data dan finalisasi formulirnya serta Anda akan diberitahukan juga jumlah saldo nya dari per masing-masing perusahaan lama Anda dalam kartu Jamsostek Anda. Lalu Anda akan diberikan formulir copy nya dan mereka akan memberitahukan bahwa proses pencairan dananya butuh waktu 7 hari kerja stlh tgl submit pencairan JHT (hal ini karena saya ingin mengambil secara tunai, jika ingin ditransfer ke Bank Anda, butuh waktu 10 hari kerja). Dan mereka akan menuliskan di dalam formnya untuk contact personnya untuk pencairan dana JHT nya. Prosesnya tidak sampai lebih dari 15 menit (cukup cepat bukan).

Setelah 7 hari kerja, sebaiknya Anda telepon terlebih dahulu ke contact person yang telah dituliskan di copy formulir JHT tersebut sebelum Anda datang ke Kantor Cabang Jamsostek tersebut, untuk menanyakan mengenai proses pencairan dana JHT nya tersebut, agar mereka bisa melakukan pengecekan lagi mengenai dananya tersebut.

Jamsostek butuh 7 hari kerja untuk mengambil dana JHT Anda dari Kantor Jamsostek tempat Kartu Jamsostek Anda terdaftar dan pengurusan administrasi dan bahkan penggabungan account Anda.

Akhirnya setelah 7 hari kerja, saya telepon ke Jamsostek jam 8 pagi untuk menanyakan mengenai dana JHT saya, mereka bilang Dana JHT-nya sedang dipersiapkan, mohon telepon kembali pukul 10:00. Tadinya saya pikir, wah pasti masih belum siap diambil nih. Ternyata setelah saya telepon kembali jam 10, mereka langsung bilang, Dana nya sudah siap dan bisa diambil, mohon datang ke kantor sebelum pukul 11:30 dan mohon bawa kembali semua surat-surat aslinya untuk diperlihatkan (Kartu Keluarga Asli, Surat Referensi Asli dan KTP serta copy formulir JHT-nya). Lalu saya datang sebelum jam 11:00, lalu mengambil tiket Antrian lagi untuk Kasir, dan prosesnya tidak lebih dari 30 menit. Setelah itu saya diminta untuk ambil dana JHT nya melalui Bank terdekat (dalam hal ini Bank Mandiri Wijaya Grand Center) yang ditunjuk oleh kantor cabang Jamsostek Wijaya Grand Center.

Setelah itu lalu saya datang ke Bank Mandiri yang telah ditunjuk, mengambil dana JHT yang telah dicairkan tersebut dan prosesnya selesai.

Proses keseluruhan untuk pencairan dana JHT Jamsostek ini cukup cepat dan mudah. Saya acungkan jempol untuk Jamsostek untuk pelayanannya.

- wdanyant -

Please comment:

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

